Minggu, 27 Maret 2011

Bagaimana Membuat Meta Tag Melalui Meta Tag Generator

Meta tag biasanya di tuliskan pada bagian atas edit HTML di bawah tulisan <head> (atau bisa juga diantara <head> dan  diakhiri </head> seperti yang dibuat pada meta tag generator)dan merupakan syarat yang harus ada pada blog dikarenakan blog anda akan terindex cepat di mesin pencarian seperti google atau secara umumnya dengan SEO (Search Engine Optimization), SEO sendiri adalah teknik blog yang dibuat mudah ditemukan oleh searh engine. Ada banyak layanan yang diberikan untuk membuat meta tag yaitu dengan masuk langsung ke meta tag generator, bisa ke scrubtheweb atau addme. Kalau sudah masuk ke meta tag generator tersebut maka masukan data-data yang diminta.

Untuk scrubtheweb caranya adalah:
  • Pada halaman tersebut ada tulisan How Do I Create a Title & Meta Tags?
  • Masukkan judul blog pada title tag
  • Untuk meta charset pilih Universal-UTF 8
  • Pilih Indonesia pada Document Language
  • Masukkan deskripsi blog ke meta descpription tag
  • Masukkan beberapa kata kunci (dipisahkan dengan koma) ke meta keywords tag
  • Klik create meta tag, maka akan muncul pilihan kode HTML atau XHTML seperti gambar di bawah
Anda masih ingat kan postingan saya tentang cara membedakan blog html dengan xhtml? kalau lupa silahkan klik di sini.
  • Sekarang copy-kan kode script tersebut (salah satu saja html/xhtml).
  • masuk ke blogg, kemudian masuk ke Dasboard> Rancangan/layout> Edit HTML
  • Peletakan kode script tersebut adalah sebagai berikut:



Pada bagian gambar yang diberi kotak bisa dihapus dengan kode script yang dicopy tadi. Pada dasarnya setiap template sudah menyediakan bagian untuk meta tag seperti gambar di atas adalah bagian default atau bawaannya dan bisa langsung mengisikan perubahan tersebut dengan mengisikan deskripsi blog pada DESCRIPTION, kata kunci pada WRITE YOUR KEYWORDS HERE, dan pemilik pada AUTHOR.

Jika anda ingin membuat meta tag dari add me, silahkan masuk di sini. Pada website ini hanya bertipe untuk doctype html, jadi tidak ada hasil yang bertipe doctype xhtml. Setelah masuk arahkan mouse pointer ke SEO Tools, pilih Meta Tags. Langkah-langkahnya dengan mengisikan Titel (judul blog), Description (deskripsi blog), Keywords (beberapa kata kunci, pisahkan dengan tanda koma), copyright (masukkan nama blog), Author (masukan nama pemilik blog), Email, Language (pilih bahasa English-USA), Charset (pilih UTF-8), Distribution (pilih global), Rating (pilih general), Robot (pilih index,follow), Revisit-after (pilih 1 hari), Expire (kosongin saja), klik Get Tag. Kemudian kode script meta tag yang didapat di-copy dan paste-kan pada edit HTML pada blog anda, langkahnya sama seperti langkah di atas. Gunakan manfaat lainnya dari tool-tool yang ada di kedua website tersebut untuk kemajuan blog di search engine/mesin pencari seperti google. Anda juga bisa dengan memanfaatkan google dengan masuk ke webmaster google, silahkan pelajari sendiri untuk lebih lanjut.

Jangan lupa untuk mengakhiri dengan menyimpan template yang telah diubah!!.

Terakhir saya berikan bonus untuk para pengunjung untuk membuat meta tag, silahkan kunjungi di sini.
Semoga artikel ini bermanfaat, dan terimakasih atas kunjungannya.

Created by: Windows Blogger

0 komentar :

:10 :11 :12 :13 :14 :15 :16 :17
:18 :19 :20 :21 :22 :23 :24 :25
:26 :27 :28 :29 :30 :31 :32 :33
:34 :35 :36 :37 :38 :39

Posting Komentar

 
Design Blog by arif muhajirin | Follow Twitter @rief_asr | Add Friend on Facebook