Minggu, 27 Maret 2011

Cara Mendapatkan Kode Script yang Tidak di Share

Mungkin aku berbagi tips dan trik ini hanya untuk pemula (newbie) di dunia per-blogg-an kalau yang sudah master aku percaya artikel ini sudah bukan hal yang biasa. Mungkin anda pernah menemukan suatu saat atau ingin mencari widget yang diinginkan, tapi kendalanya yang punya blogg atau web tidak menyediakan kode script untuk di share di blog-blog pengunjungnya atau mungkin alamat yang diberikan untuk meng-copy tag link-nya tidak bisa diakses karena problem server dan bisa juga web/blog yang dimaksud sudah dihapus/expired.
Setelah anda berkunjung ke blog tujuan, lihat apakah menyediakan kode script untuk berbagi ke blog pengunjung, jika tidak jangan patah semangat biasanya memberikan refernsi link untuk dikunjungi yang menjadi sumbernya, ternyata link yang diberikan tidak bisa diakses seperti yang dimaksud di atas seperti contoh gambar dibawah.

Ini bukan pertanda tidak ada harapan memiliki widget yang kita inginkan, seperti saya sendiri ingin menambahkan radio rodja dan radio kajian lainnya tapi link yang diberikan yang menyediakan kode script sudah kadaluarsa. Karena kode script dari web/blog radio rodja sendiri tidak bisa terpasang pada waktu itu mungkin kesalahan kode script yang diberikan padahal saya copy-paste kan langsung tapi tetap tidak muncul juga sperti para pengunjung lainnya yang berkomentar. Tapi alhamdulillah saya bisa juga mendapatkan widget yang saya cari-cari berkat ketelitian dan kecermatan, seperti gambar di bawah.
Anda cuma perlu ketelitian dan kecermatan saja dimana kode script itu berada, usahakan anda tetap berada di blog tersebut kemudian langkah-langkahnya adalah;
  • Untuk mozilla firefox: liat toolbar di atas, klik view/tampilan, klik page source/sumber halaman. Atau bisa langsung tekan kombinasi Ctrl+U pada keyboard.
  • Untuk google chrome: klik customize and control google chrome (icon kunci inggris paling pojok kanan), klik tool/peralatan, klik view source. Atau bisa langsung tekan kombinasi Ctrl+U pada keyboard.
lihat tampilan sumber halaman/page source di bawah;

sekarang adalah ketelitan dan kecermatan anda yang diperlukan, gunakan kata kunci di searh/pencarian untuk lebih cepat mencari kode scrift untuk bisa di copy di widget baru anda, gunakan Ctrl+F untuk memulai pecarian. Lebih singkatnya anda gunakan kata kunci yang paling dekat dengan widget pada artikel blog, jangan takut tidak berhasil langkah disini memang butuh kecermatan dan ketelitian, kalau sudah kira-kira menemukan bagian kode bagian script copy-kan ke notepad atau langsung juga boleh. Sekarang tinggal masuk ke blogg anda dan buka halaman dasboard > rancangan/layout > elemen laman/page element > tambahkan gadget/add gadget > pilih HTML/java script > masukan kode script yang tadi di copy/berada di notepad. Lihat hasinya, kalau belum berarti ada bagian kode script yang tidak ke copy, kalau kelebiha kode script dan menyebabkan da tulisan-tulisan yang tidak diperlukan anda tinggal menghapunya di sini yang dibutuhkan kecermatan dan ketelitian. Kalau anda sudah lama menjadi blogger atau faham kode script pasti sudah mengerti apa yang aku tuliskan, karena aku juga masih belajar belum seminggu buat blog. Semoga tulisan saya bermanfaat dan mengucapkan terimakasih atas kunjungannya.

Created by: Windows Blogger

0 komentar :

:10 :11 :12 :13 :14 :15 :16 :17
:18 :19 :20 :21 :22 :23 :24 :25
:26 :27 :28 :29 :30 :31 :32 :33
:34 :35 :36 :37 :38 :39

Posting Komentar

 
Design Blog by arif muhajirin | Follow Twitter @rief_asr | Add Friend on Facebook