Kamis, 24 Maret 2011

Dimana Tuh Bantarkawung ???

Bantarkawung adalah salah satu kecamatan dibagian selatan Kabupaten Brebes, Jawa Tengah, Indonesia. Kec. Bantarkawung berbatasan dengan Kec. larangan dan Ketanggungan di sebelah utara, selatan berbatasan dengan Kab. Cilacap, Barat berbatasan dengan Kec. Salem dan sebelah timur berbatasan dengan Kec. Tonjong, Bumiayu, Paguyangan, dan Kab. Tegal. Secara geografis Kec. Bantarkawung adalah perbukitan/pegunungan yang memiliki luas wilayah sekitar 20.500 Ha, mayoritas mata pencaharian adalah bertani dan mayoritas penduduk Bantarkawung bersuku Sunda. Pusat perekonomian sebelah barat berada di desa Bangbayang sedangkan sebelah timur berada di dusun Buaran, desa Pangebatan dan masih bergantung sekali pada Kec. Bumiayu yang menjadi pusat perekonomian Kab. Brebes Selatan, wisata Pemandian Cipanas yang populer yang berda di dusun Buaran, desa Pangebatan. Fasilitas pendidikan yang ada paling tinggi adalah setingkat SLTA ( SMAN 1 Bantarkawung, SMK Al-furqon, MA NU Bantarkawung) dan kalau pun ingin melanjutkan ke jenjang kuliah harus ke luar daerah seperti Purwokerto yang populer di bagian barat Jawa Tengah. Fasilitas komunikasi kebanyakan lewat jaringan selular dan sudah tersedia jasa penyedia internet (warnet). Dari sekian banyak kelurahan hanya Kelurahan Pangebatan yang mempunyai penduduk bersuku Jawa, itupun tidak seluruh dusunnya. Kebetulan penulis tinggalnya berada di desa Bantarkawung (dukuh Pakiringan tepatnya). Adapun jumlah desa dari Kec. Bantarkawung adalah 18 Desa, yaitu:
    1. Bangbayang
    2. Banjarsari
    3. Bantarkawung
    4. Bantarwaru
    5. Cibentang
    6. Cinanas
    7. Ciomas
    8. Jipang
    9. Karangpari
    10.  Kebandungan
    11.  Legok
    12.  Pangebatan
    13.  Pangerasan
    14.  Sindangwangi
    15.  Tambakserang
    16.  Telaga
    17.  Terlaya
    18.  Waru
Adakah pengunjung/pembaca yang kenal dengan ke-18 buah desa di Kec.Bantarkawung tersebut? atau merupakan warga dari salah satu desa tersebut?. Jangan pernah patah semangat atas ketidakadilan pemerataan pembangunan di wilayah selatan Kab. Brebes karena sudah bukan hal yang aneh di Indonesia, dari pemerintah pusat saja melakukan ketidakadilan pada daerah timur Indonesia jadi yang jauh banyak susahnya untuk melakukan sesuatu, misalnya membuat dokumentasi/surat-surat penting yang harus dilakukan di kabupaten. Kasus korupsi yang dilakukan pejabat pemda sudah bukan rahasia lagi dan ini menjadikan daerah tidak berkembang yang kurang mendapatkan dana untuk perkembangan ke pelosok-pelosok daerah.

Created by: Windows Blogger

1 komentar :

Anonim mengatakan...

It is a fact that if you look at the countless various bank discount codes
common people you see fit, Usually according to your specific criteria.
I drive 8,000 miles a year, but as a resounded all approximately!
The inducement brings Saturn's cheapest a twosome of these plans, so you finally get a lower pace. For good example, you static pauperism to pay couponss now and enjoy lifetime!

Feel free to surf to my weblog - couponcoderoundup.com

:10 :11 :12 :13 :14 :15 :16 :17
:18 :19 :20 :21 :22 :23 :24 :25
:26 :27 :28 :29 :30 :31 :32 :33
:34 :35 :36 :37 :38 :39

Posting Komentar

 
Design Blog by arif muhajirin | Follow Twitter @rief_asr | Add Friend on Facebook